Sabtu, 07 November 2009

FENOMENA FACEBOOK

Dewasa ini seluruh pengguna (user) di muka bumi ini dihebohkan oleh suatu situs jejaring sosial yang bernama "Facebook", seolah-olah kini perhatian mata di seantero jagad dunia maya ini tertruju padanya, namun sebelum kita melihatnya lebih jauh, alangkah baiknya apabila kita mengusut secara historis cikal bakal dari Facebook. Bisa dibilang sejarah Facebook itu sangat dasyat sekali, karena cikal bakalnya bermula dari pekerjaan yang bisa dibilang iseng-iseng berhadiah, yaitu bermula dari sang pencipta Mark Zuckerberg, pada 4 Februari 2004 seorang mahasiswa Harvard yang mencoba membuat suatu program untuk media saling mengenal antar mahasiswa Harvard atau sosial networking. Dalam waktu 2 minggu setelah diluncurkan, hampir setengah mahasiswa Harvard telah mempunyai account di Facebook, tak hanya itu beberapa kampus disekitar Harvard meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Setelah melihat antusiasme para pengguna Facebook, akhirnya Zuckerberg pun meminta bantuan 2 orang temannya untuk mengembangkan Facebook. Sehingga dalam waktu 4 bulan setelah diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesan tersebut Zuckerberg dan kedua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto untuk menyewa apartemen disana. setelah beberapa minggu pindah kesana, Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker, dan dari hasil pertemuan tersebut, Parker pun setuju pindah ke apartemen untuk bekerjasama mengembangkan Facebook


Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.


Setelah melihat secara historis bagaimana FAcebook bisa terbentuk hingga menyebar ke seluruh antero jagad, mungkin kita pasti terheran-heran, mengapa seluruh manusia pengguna dunia maya terpikat olehnya, mungkin banyak alasan yang dilontarkan apabila kita menanyakan hal tersebut, namun, di sisi lain, selain digemari dan seolah-olah menjadi candu bagi para pengguna internet, Facebook pun menuai pro dan kontra, disatu sisi ada yang menganggap bahwa kehadiran Facebook sangat menguntungkan, di sisi lain ada juga yang menganggap bahwa Facebook tidak berguna dan lebih kepada membawa kepada sisi negatif.
Namun berdasarkan pendapat diri saya pribadi selaku Facebookers, bahwa sesungguhnya kegunaan Facebook itu ada di tangan kita selaku user, jadi apabila kita menggunakan facebook terganutng dari user, bisa dibawa kearah positif,. bisa juga dibawa ke arah negatif, adapun contoh-contoh penggunaan facebook secara positif, yaitu menambah serta memperluas pergaulan secara universal, meningkatkan dan memanbahkan jaringan bisnis, sebagai media pemberitaan dan sebagainya, namun di Indonesia booming facebook pun hingga terbawa ke panggung politik, misalnya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk berkampanye dan yang paling terbaru adalah 1 juta facebookers mendukung KPK dalam penanganan kasus PT Masaro. YAng dimana para facebookers mendukung Bibit dan Chandra untuk memenangkan kasus melawan Polri, yang lebih mencengangkan nya lagi, para facebookers tersebut pun hingga melancarkan demonstrasi di bundaran HI untuk mendukung Bibit dan Chandra sebagai anggota KPK yang tidak bersalah dan dikambing hitamkan. Hal tersebut adalah salah satu contoh kongrit yang dapat kita lihat sebagai good effect dari facebook.
Disisi lain juga facebook memiliki kekurangan yang cukup meresahkan telinga kita, mungkin salah satu contohnya adalah seperti game yang bertema kan sex, dan hal-hal yang berbau pornografi dan kekerasan. serta facebook telah menjadi wabah penyakit yang sangat berbahaya apabila kita telah terjangkit olehnya, gejalanya yaitu, lupa akan waktu, mengganggu aktifitas lain, menghabiskan uang, lupa daratan, lupa ingatan akan hal-hal yang bermanfaat dan lain nya,sehingga beberapa waktu lalu MUI (Majelis Ulama Indonesia) sempat mengeluarkan fatwa haram tentang facebook. kemudian di beberapa negara dan kantor pun diterapkan jam waktu untuk ber facebook ria, Jadi sekarang sudah sangat jelas sekali dunia ini sedang dijangkit virus yang sangat berbahaya dan akan membuat kita kecanduan, dan yang lebih parah lagi virus ini pun tidak pandang bulu untuk menyerang mangsanya, semua lapisan terkena dampaknya, dari anak - anak, remaja, bapak-bapak, ibu-ibu, kakek - kakek, nenek- nenek, baik kaya maupun miskin dari seluruh negara di dunia dari ras mandarin , bule , negro, kaukasoid sampai - sampai presiden USA pun , Barrack Obama keranjingan facebook.
Hal ini membuktikan bahwa ampuhnya virus yang dibuat oleh Mark Zuckerberg dan kawan - kawan nya, sehingga menjadikannya sebagai miliyarder muda abad ini, memang kita tidak akan pernah sadar bahwa kita ini sesungguhnya adalah budak - budak kapitalisme yang mau masuk kedalam roda per ekonomian mereka, mungkin kalian pasti akan bertanya - tanya mengapa saya bisa berbicara seperti itu, alasan nya sudah sangat jelas sekali karena tanpa kita sadari bahwa selaku pengguna teknologi informasi khususnya facebook, kita telah membuat satu pihak menjadi membuncitkan perutnya sendiri serta meraup untung yang sangat masif, sedangkan kita selaku pengguna setia rela dipers, harta , serta waktu untuk masuk ke dalam dunia perbudakan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar